Kunci Terpenting Agar Lancar Berpuasa

Menjalani Ibadah Puasa (icando.co.id)

Assalamualaikum semuanya 🙂

Bagaimana kabarmu?

Selamat berpuasa. Semoga kamu selalu sehat dan dilancarkan puasanya ya…


Alhamdulillah saat ini kita sudah memasuki Bulan Ramadhan, bulan suci yang sangat bermakna dan sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan ini merupakan kesempatan bagi umat Muslim untuk melatih mengendalikan hawa nafsu, memperbaiki diri, meningkatkan keimanan, dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT.


Hal paling mendasar dari bulan Ramadhan adalah menahan diri dari makan, minum, dan segala kegiatan yang dianggap membatalkan puasa dari fajar hingga terbenam matahari.  Hal itu terkesan sederhana namun, bagi sebagian orang, berpuasa mungkin terasa sulit karena berbagai alasan seperti haus, lapar, dehidrasi hingga membuat tubuh menjadi lemas, sakit dan tidak produtktif. 


Untuk mengurangi kesulitan saat berpuasa kita seringkali menggunakan berbagai cara, misalnya sahur dan berbuka dengan makanan bergizi, serta minum air mineral dan istirahat yang cukup. Namun, tahukah anda bahwa ada solusi termudah yang paling sering terlupakan? Apa itu?


Jawabannya adalah bernapas melalui hidung. 


Bernapas menggunakan hidung (Avara Health)


Bernapas adalah hal yang paling penting dan terus dilakukan tanpa jeda seumur hidup, namun sering terlupakan. Sejak kecil kita mempelajari bagaimana caranya berjalan, berbicara, makan, dan minum, tapi banyak orang yang tidak pernah mempelajari bagaimana caranya bernapas yang baik.


Gobind Vashdev menjelaskan bahwa bernapas yang paling baik adalah bernapas dengan menggunakan hidung. Coba kamu ingat-ingat, apakah kamu sudah bernapas menggunakan hidung setiap saat? Atau masih sering bernapas menggunakan mulut?


Bernapas menggunakan hidung mungkin terdengar terkesan sederhana bahkan seringkali diremehkan. Padahal, Gobin menjelaskan bahwa bernapas melalui hidung dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh, termasuk ketika sedang berpuasa.


Lantas, apa saja manfaat bernapas menggunakan hidung? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:


  1. Hemat uap air 

Bernapas menggunakan hidung dapat menghemat 43% uap air yang keluar dari mulut sehingga kita tidak gampang haus.


  1. Mencegah dehidrasi

Bernapas melalui hidung dapat membantu mengurangi kehilangan cairan tubuh yang berlebihan. Dalam kondisi normal, hidung dapat menangkap dan melembabkan udara yang masuk ke dalam tubuh. Dengan cara ini, tubuh dapat menghemat cairan yang seharusnya digunakan untuk mengatasi kehausan selama berpuasa. Selain itu, ketika kita bernapas menggunakan hidung, otak akan mengeluarkan zat vasopresin yang fungsinya adalah untuk menahan air dalam tubuh, sehingga kita tidak gampang dehidrasi.


  1. Menstabilkan emosi dan menjaga konsentrasi

Hidung memiliki jaringan erektil yang setiap 4-8 jam bergantian memplongkan dan membuntukan salah satu lubang hidung agar sistem syaraf kita lebih seimbang sehingga kita tidak gampang emosi. Selain itu, bernapas melalui hidung juga dapat membantu meningkatkan kesadaran diri dan fokus selama berpuasa. Dalam beberapa praktik meditasi, bernapas melalui hidung pun dianggap sebagai teknik yang efektif untuk membantu mengendalikan pernapasan dan meningkatkan konsentrasi.


  1. Meningkatkan oksigenasi dan menjaga energi

Bernapas melalui hidung dapat membantu meningkatkan oksigenasi tubuh. Hidung memiliki fungsi untuk membersihkan, menghangatkan, dan melembabkan udara yang masuk ke dalam tubuh. Dengan udara yang bersih dan kaya akan oksigen, tubuh akan lebih mudah mendapatkan pasokan oksigen yang cukup untuk menjaga kesehatan organ-organ vital selama berpuasa. Selain itu, bernapas menggunakan hidung membuat intake oksigen dalam tubuh kita naik sampai 20% dan membuat energi dalam tubuh kita tetap baik sehingga tetap dapat berpuasa dan bekerja dengan baik dan maksimal.


  1. Mencegah infeksi

Hidung memiliki sistem pertahanan alami yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Udara yang masuk melalui hidung akan melewati rambut halus dan lendir yang membantu menangkap partikel-partikel kecil seperti bakteri dan virus. Dengan bernapas melalui hidung, tubuh akan lebih terlindungi dari infeksi yang dapat mengganggu kesehatan selama berpuasa.


Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa bernapas menggunakan hidung dapat memberikan banyak manfaat bagi kita, sehingga menjadi salah satu kunci agar kita dapat melaksanakan puasa dengan lebih lancar. 


Maka dari itu, mulai sekarang yuk kita tutup mulut, dan membiasakan bernapas menggunakan hidung. Kemudian, jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, cobalah untuk melambatkan napas, meringankan napas, serta bernapas menggunakan diafragma.


Salam,

Penulis: Bunga Dessri Nur Ghaliyah


#puasa #ramadhan #bernapasmelaluihidung #nosebreather #gobindvashdev


Bagikan Artikel Ini

Posting Komentar

0 Komentar