Kenalan Yuk Sama 10 Sosok Hantu Indonesia Terpopuler Ini !!!


 

"ADA HANTU !!!"

Di Indonesia terdapat banyak mitos menyeramkan tentang berbagai sosok hantu. Kisah tentang mahluk-mahluk halus tersebut pun terus menyebar, diperbincangkan, bahkan hingga diadaptasi ke dalam banyak film horor. Lantas, apa saja sosok-sosok hantu populer di Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini.

 

1.         Kuntilanak

Sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang bersemayam di jenis pohon tertentu dan sering mencari mangsa di malam hari. Konon sosok dengan gaun putih dan rambut panjang itu meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Sewaktu mahluk ini muncul, katanya sering diiringi harum bunga kamboja. Jika kamu adalah seorang laki-laki, sebaiknya untuk selalu berhati-hati, khususnya ketika hari mulai gelap. Ada cerita laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah Kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Selain itu, ada juga jenis Kuntilanak yang senang pada janjin dan bayi, maka dari itu di pulau Jawa dipercaya bahwa para wanita hamil diusahakan untuk tidak keluar rumah di malam hari.

 

2.         Sundel Bolong

Secara sekilas, sosok Sundel Bolong mirip dengan Kuntilanak, yakni digambarkan sebagai hantu yang memiliki rambut panjang dan mengenakan gaun berwarna putih. Perbedaan fisiknya, Sundel Bolong digambarkan memiliki bolong atau lubang di bagian punggungnya sehingga organ-organ dalamnya terlihat. Konon, sosok ini meninggal karena diperkosa dan melahirkan anaknya di dalam kubur. Selain menakut-nakuti penduduk, bahkan ada yang menyatakan bahwa Sundel Bolong pun suka mengambil bayi-bayi yang baru dilahirkan.

 

3.         Wewe Gombel

Wewe Gombel merupakan hantu yang konon suka menculik anak-anak. Katanya, anak yang diculik akan disembunyikan, namun tidak dicelakai. Ada yang mengatakan bahwa anak yang diculik adalah anak yang ditelantarkan atau diabaikan oleh orang tuanya, dan Wewe Gombel akan menyembunyikan anak tersebut. Menurut cerita dari tradisi Jawa, tepatnya dari daerah Gombel, Semarang, konon Wewe Gombel berasal dari cerita seorang wanita yang dijauhi, dikucilkan, dan diselingkuhi, suaminya karena tidak bisa memiliki anak. Karena hal itulah, wanita tersebut menjadi gila dan gembel. Setelah itu, ia membunuh suaminya, lalu bunuh diri karena dikejar masyarakat.

 

4.         Pocong

Pocong digambarkan sebagai sosok yang mengenakan kain kafan atau berpakaian mirip jenazah yang akan dikuburkan dalam tradisi umat Muslim. Beberapa orang memberikan keterangan yang berbeda-beda tentang bagaimana perwujudan wajah sosok ini. Ada yang menyatakan bahwa wajah Pocong itu gosong dengan mata yang melotot. Ada juga yang mengaku melihat Pocong dengan wajah rata, dan sebagainya. Konon, sosok hantu itu muncul karena tali pengikat kain kafan yang lupa dilepaskan saat proses penguburan jenazah. Maka dari itu, tali tersebut sering juga disebut tali Pocong.

 

5.         Tuyul

Tuyul adalah sosok yang dikenal berwujud anak kecil atau manusia kerdil dengan cirikhas kepalanya yang gundul. Tuyul dipercaya dapat hidup berkelompok dan memiliki pemimpin, serta dapat dipekerjakan oleh seorang manusia sebagai majikan untuk disuruh mencuri uang. Konon, tuyul berasal dari janin atau bayi yang meninggal, sehingga ketika menjadi hantu, sosok ini berkarakter seperti anak-anak yang senang bermain.

Beberapa keterangan menyebutkan bahwa sebagian masyarakat percaya bahwa Tuyul dapat ditangkal dengan yuyu (kepiting kecil). Yuyu yang dipasang di beberapa bagian dan sudut-sudut rumah diyakini dapat mengalihkan perhatian Tuyul sehingga Tuyul malah memainkan Yuyu dan tidak jadi mencuri. Selain itu, katanya Tuyul juga takut kepada jarum, sehingga menyimpan jarum di antara uang dianggap sebagai salah satu cara jitu menangkal sosok ini.

 

6.         Genderewo

Genderewo (sebutan dari orang Sunda) atau Genderuwo (sebutan dari orang Jawa), merupakan sosok hantu yang digambarkan memiliki tubuh yang besar dan kekar yang diselimuti oleh bulu tebal di sekujur tubuhnya (mirip kera). Konon Genderewo senang berada di tempat yang lembab dan sepi seperti bangunan tua, pohon besar yang teduh, dan batu berair. Konon, Genderewo memiliki tabiat cabul. Sosok ini sering menggoda para wanita dan anak-anak.

 

7.         Palasik

Menurut legenda dan kepercayaan orang Minangkabau, konon Palasik adalah manusia yang menganut ilmu hitam. Sosok ini suka memakan bayi atau balita, baik itu uamh masih dalam kandungan atau yang sudah meninggal/ dikubur. Palasik biasanya melepaskan kepalanya kemudian badanya berjalan atau kepalanya melayang-layang untuk mencari mangsa.

 

8.         Kuyang

Kuyang adalah sosok yang dikenal di masyarakat Kalimantan. Mirip dengan Palasik, Kuyang juga sebenarnya adalah manusia (biasaya wanita) yang menganut ajaran ilmu hitam untuk mendapatkan kehidupan abadi. Saat siang hari, sosok ini akan berwujud seperti manusia pada umumnya (biasanya memakai jubah), namun pada malam hari akan berubah menjadi siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit. Mahluk itu pun kemudian terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap demi menambah kekuatan ilmu hitamnya.

 

9.         Leak

Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Leak berasal dari kata ‘Le’ yang berarti penyihir, dan ‘ak’ yang berarti jahat, sehingga Leak berarti penyihir jahat. Mirip seperti Kuyang, saat siang hari Leak nampak seperti manusia biasa, namun pada malam hari ia berubah menjadi sosok menyeramkan yang tidak bisa dilihat oleh semua orang. Leak digambarkan sebagai sosok menyeramkan dengan lidah yang panjang dan gigi yang tajam, dan dapat berubah wujud menjadi babi atau bola api.

Biasanya yang bisa melihatnya adalah dukun pemburu leak, atau dalam beberapa kasus ada juga masyarakat biasa yang kebetulan melihatnya. Pada malam hari, Leak mencari organ dalam tubuh manusia di kuburan atau bisa juga mengambil organ tubuh manusia yang masih hidup. Organ tubuh tersebut nantinya nantinya akan ia gunakan untuk membuat ramuan sihir yang dapat membuatnya berubah wujud, misalnya menjadi kera, babi, harimau, atau rangda.

10.     Rangda

Dalam kepercayaan masyarakat Bali, Rangda dipercaya sebagai ratu dari para leak yang digambarkan berwujud seorang wanita berwajah mengerikan, berambut panjang acak-acakan, serta memiliki kuku panjang, dan gigi yang tajam. Konon mahluk ini sering menculik dan memakan anak kecil. Selain itu, mahluk ini juga memimpin pasukan nenek sihir jahat untuk melawan Barong yang merupakan simbol kekuatan baik.

 

Itulah 10 sosok mistik yang paling sering dikisahkan. Apakah kamu pernah bertemu dengan sosok-sosok tersebut? Atau punya informasi lainnya? Share ceritamu di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan berdoa ya! 


Thumbnail Picture: Pict: DeviantArt

Pictures in Text: Bunga Dessri Nur Ghaliyah

Bagikan Artikel Ini

Posting Komentar

0 Komentar