Basa-basi Busuk

Hidup bukan cuma perkara hitam-putih. ‘Di-kepo-in’ kadang bikin risi, apalagi dihakimi, rasanya cukup, bahkan bener-bener bikin nyesek.
Dihujat Lingkungan

Pernah gak sih kalian ngerasa males ketemu sama orang lain? Undangan kumpul keluarga, reuni sekolah, bahkan cuma sekedar nongkrong doang pun kok rasanya jadi 'beban' banget.
Bukan karena gue introvert sih, tapi rasanya capek banget dengerin ocehan-ocehan mereka.
"Lo kan udah beres kuliah, kapan dong nikahnya? Masa jomblo mulu!"
"Sayang banget deh kalo langsung nikah, kamu kan sarjana"
"Masih muda gini kok udah nikah? Lo gak kecelakaan kan? hahaha"
"Kapan undang-undang nih? Hati-hati kebablasan lho! Bahaya kalo keasyikan kerja nanti jadi perawan tua"
"Sekolah tinggi-tinggi, tetep aja ujungnya ke dapur!"
"Udah isi belum? Nih gue kasih tips biar tokcer!"
"Hah! Kamu pake KB? Awas lho nantinya susah punya anak beneran!"
"Gimana? Udah program hamil belum? Jangan nunda terus! Kalo nolak rezeki, nanti Tuhan marah lho!
"Udah berapa bulan hamilnya? Kok kecil banget!"
"Kok lo gak lahiran normal? Sayang dong gak ngerasain jadi ibu seutuhnya!"
"Anak kamu dikasih ASI atau formula?"
"ASI lo gak keluar? Yaelah, lo gak usahain terus kali! Coba deh dipompa terus! Minum vitamin juga!"
"Kasian deh kalo bayi kamu dikasih susu formula! Gausah takut payudara jadi kendor!"
"Kapan nih si kaka punya adik?"
"Enak ya diem di rumah terus, tinggal urus anak terus nunggu dikasih duit sama suami"
"Jam segini kok rumah masih acak-acakan sih? Padahal anak cuma satu!"
Gue yakin, kalian pernah ngalamin hal serupa. Dari dalem kandungan sampe kita udah mati pun, tetep aja dinyinyirin. Gak ada ujungnya sama sekali. Jadi, wajar gak sih kalo gue ngerasa lelah dan enek banget denger hal kayak gitu?
***

Sebagai mahluk sosial, emang wajar sih kalo kita seneng ‘ngobrol’. Tapi hal itu berubah jadi gak wajar kalo 'obrolan' kita ngeganggu orang lain. Aplagi, kalo dia sebenernya gak deket-deket amat sama kita.

Niatnya sih mungkin biar lebih akrab, biar mencairkan suasana, atau biar 'kelihatan' peduli, tapi yang gue rasain, hal itu sebenernya cuma basa-basi doang. Basa-basi yang ngelewatin batas. Ocehan yang dibumbui rasa kepo berlebihan atas privasi kita sebagai lawan bicaranya.

Mending sih kepo doang, lebih parah lagi kalo udah di-mix sama hujatan, petuah-petuah yang gak diharepin sama sekali, dan sikap sok tahu tentang diri kita. Kenapa sih orang-orang berubah jadi mahluk yang ngerasa paling bener, paling tahu segala hal, dan ngerasa lebih berpengalaman dari kita?

Terus.. Kalo udah gitu emang jadi lebih akrab ya? No! Yang ada cuma rasa gak nyaman, rasa sakit hati, bahkan bisa-bisa bikin kita jadi overthinking dan depresi.  

Pertanyaan demi pertanyaan, hujatan demi hujatan terus menghantam diri kita. Pas kuliah ditanya kapan wisuda, selesai wisuda ditanya kapan kerja, udah gitu ditanya kapan nikah. Belum selesai di situ lanjut ditanya kapan punya anak, terus kapan punya anak lagi, dan berjuta pertanyaan lain yang nyebelin banget. Dan... Percaya atau enggak, sampe akhirnya kita mati pun, bakal masih ada aja yang nyinyirin amal dan kehidupan kita.
Selalu Dianggap Salah
Pict: freepik.com

Coba kita inget-inget, kira-kira berapa banyak orang di sekitar kita yang hobinya naya-nanya, mendikte dan menghakimi orang lain? Atau coba tanya ke diri kita sendiri, jangan-jangan (disadari atau enggak), bisa jadi malah kita yang sering begitu. 

Mungkin bagi sebagian orang, hal kayak gini tuh gak usah dipermasalahkan, atau bahkan cuma dianggap lelucon. Tapi, hal itu sebenernya sensitif banget. Kayaknya bukan cuma gue doang deh yang ngerasa kalo hal ini tuh bikin kita ngerasa terganggu, jengkel, bahkan ‘tersakiti’. 

Bayangin aja deh, gimana kalo misalnya orang yang terus-terusan ditanya "kapan nikah" ternyata dibelakang layarnya lagi galau karena baru ditinggalin pacarnya. Terus gimana kalo orang yang ditanya-tanya dan disuruh-suruh punya anak, ternyata emang gak pengen punya anak, atau malah emang pengen banget punya anak tapi gak bisa punya karena sesuatu, dan lain-lain.

Menjadi Depresi
Pict: Try Anas

Pada dasarnya, sekolah, kerja, punya pasangan, menikah, punya anak, dan berbagai hal lainnya adalah sebuah pilihan. Setiap orang punya hak buat berencana dan mengatur ‘program pribadinya’. 

Hal itu juga bukan kompetisi yang melahirkan sang juara terus yang lain dianggap sebagai sang pecundang. Kita juga sebenernya gak bisa menilai mana yang bener dan mana yang salah, karena tiap orang punya pandangan dan keinginan yang berbeda-beda.

Kembali lagi, setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing. Pilihan hidup sama-sekali gak bersifat memaksa, dan kebahagiaan setiap orang itu berbeda-beda. 

Contohnya gini, seseorang meyakini kalo menikah itu ibadah dan punya anak itu rezeki. Tapi, belum menikah juga bukan berarti gak beribadah, dan menunda punya anak pun gak berarti nolak rezeki atau gak punya rezeki kan? 

Seseorang pengen banget menikah karena bikin dia bahagia, tapi ada juga orang yang gak mau menikah karena itulah kebahagiaannya. Terus ada juga orang yang pengen jadi wanita karir, tapi ada juga cewek yang selalu bermimpi buat jadi ibu rumah tangga yang gak bekerja di luar rumah. Ada yang salah dari pilihan itu? Gak! 

Segala pilihan hidup juga bukan hal yang bisa disepelekan, dan dinilai seenaknya, karena semuanya lahir atas pertimbangan, perhitungan, persiapan dan usaha. 

Maka dari itu, untukmu yang lagi sering-seringnya direcoki pertanyaan-pertanyaan yang mengerdilkan, lo mesti paham dan percaya diri bahwa lo punya otoritas penuh untuk menentukan langkah. Jangan pernah ngorbanin kebahagiaan diri kita, cuma demi memuaskan orang lain, karena segimana pun usaha kita, itu gak akan pernah bisa muasin orang-orang semacam itu. 

Dan, sebaik apapun diri kita, itu gak akan pernah bisa ngebendung 'bacotan' mereka, karena bagi mereka pasti selalu ada celah di diri kita yang dianggap sebagai kekurangan dan kesalahan yang 'asik' buat dijadiin bahan gunjingan.

Kembali lagi ke pertanyaan basa-basi, sebenernya kalo kita pengen lebih akrab atau bisa ngobrol lebih lama, daripada ngerecokin, lebih baik ya... ganti topik pembicaraan dengan hal yang tidak mempribadi. Selain kesadaran bahwa pilihan hidup itu penuh risiko dan perlu perencanaan, kita juga mesti mulai sadar bahwa pilihan hidup orang lain bukanlah sesuatu yang patut dicampuri.


Penulis: Bunga Dessri Nur Ghaliyah (2019)

#Ditanyakapanterus-terusan #Ditanyakapannikah #Basa-basi #Hujatan #Toxicpeople #Dihujat

Bagikan Artikel Ini

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Iya, kalo dengerin terus orang, pasti ga akan ada ujungnya... Tetap berikan yg terbaik buat diri kita pribadi...

    BalasHapus
  2. Thats True.. Sudah mewakili banget..

    BalasHapus
  3. Semangat terus ngeblognya, jika views perhari udah minimal 500, bisa langsung di monetesi ads

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)